Sunday, August 3, 2014

Sudah Benarkah Posisi Tidur Seorang Ibu Mengandung?

Jika usia kehamilan masih 1-3 bulan, tidak masalah tidur dengan berbagai macam posisi, asalkan nyaman dan tidak membuat tubuh tersiksa. Akan tetapi tidak berarti semua gaya tidur boleh digunakan. Seorang ibu mengandung masih tetap tidak boleh tidur tengkurap. Jadi, jangan sampai tidur tengkurap ya, ibu..

Ketika usia kandungan menginjak 4-7 bulan, seorang ibu mengandung sudah memasuki tahap trimester kedua. dimana bayi sudah mulai menunjukkan tanda kehidupan. Dia bergerak-gerak, menggelitik dan menyapa sang ibu. Dalam masa ini, ibu mengandung masih bisa tidur dengan posisi yang nyaman.

Nah..pada saat menginjak usia kehamilan 8-10, tantangan ibu mengandung semakin terasa.  Sehingga sangat penting untuk memperhatikan posisi tidur agar tidak mengganggu janin.

1. Tidur dalam posisi miring 
zwitsal.co.id
Memang tidak bisa dipungkiri, banyak ibu mengandung yang merasakan kenyamanan saat tidur dengan tidur dalam posisi miring. Ini adalah posisi terbaik, terutama ibu yang diketahui memiliki air ketuban yang banyak dan mengandung bayi kembar.

Lebih disarankan bila ibu mengandung tidur menghadap posisi kiri untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh dan memompa jantung dengan maksimal. Apabila aliran darah lancar, asupan makanan untuk bayi melalui plasenta pun menjadi lancar.
Posisi tidur miring menhadap ke kiri juga membantu ibu mengandung untuk melancarkan pembuangan zat sisa makanan dan mengurangi pembengkakan yang biasanya terjadi pada tangan dan kaki.
2. Hindari posisi terlentang
segiempat.com
Sebaiknya ibu mengandung yang sudah berperut besar menghindari tidur dengan posisi terlentang. Mengapa koq dilarang? Sebab tidur dengan gaya seperti ibu bisa menekan usus dan mengganggu aliran darah ke jantung. Jika sering dilakukan, ibu mengandung bisa merasakan pening dan sesak nafas. Selain itu, juga bisa wasir dan pembengkakan.
Tapi jangan khawatir ibu..
Jika kita tiba-tiba terbangun dalam posisi tersebut, segera kembalikan posisi tidur kembali miring.
3. Gunakan bantal ekstra saat tidur

tipsibuhamil.com
Tidur miring dengan bantal bisa membuat tidur jauh lebih nyaman. Ibu mengandung boleh meletakkan bantal diletakkan dibelakang punggung untuk menghalangi posisi tidur terlentang. Bantal juga bisa diletakkan di antara kedua kaki. Jika menderita asam lambung, sebaiknya menggunakan dua bantal sekaligus untuk sandaran kepala. 

No comments:

Post a Comment