Sunday, August 3, 2014

Apa Yang Bisa Diperoleh Dari Konsumsi Buah Manggis?

Akhir-akhir ini banyak sekali guyonan dan dagelan mengenai buah manggis di beberapa sosial media. Rupanya publik mulai menangkap fungsi inti dari buah manggis untuk kesehatan. Buah manggis memiliki nama latin Garcinia Mangostana dan merupakan tanaman asli indonesia. Meskipun begitu, buah ini bisa ditemukan di beberapa negara asia tenggara seperti Vietnam, Malaysia dan Singapura.
Jika ditilik lebih dalam, buah manggis ini memiliki tiga bagian menarik yakni kulit yang berwarna ungu, daging buah berwarna putih dan biji manggis. Untuk sementara ini, masih belum ditemukan manfaat biji manggis untuk kesehatan ibu hamil, jadi untuk sementara kita membahas kulit manggis saja.
1. Zat antioksidan
Senyawa polifenol dan Xanthones yang menyebabkan kulit manggis begitu mewah dalam kesehatan. Dua senyawa ini menyuguhkan manfaat penting bagi kesehatan. Xanthone berfungsi sebagai antiinflamasi. Karena kandungan antioksidan yang begitu tinggi, ini bisa menjadi poin penting bagi kesehatan ibu hamil.
Zat antioksidan ini dapat menghambat penuaan sel sehingga kulit menjadi lebih awet muda, selain itu zat tersebut bisa melawan kanker dan serangan penyakit kardiovaskular.
2. Tidak menyebabkan Gemuk
Karena kandungan kalori yang hanya berkisar 63 kalori tiap 100 gram, kulit manggis ini mampu membuat tubuh tetap fit dan sehat dengan berat badan yang ideal. Kandungan serat yang tinggi turut berperan penting dalam proses penurunan berat badan
3. Bermanfaat untuk Peredaran Darah
Sering pucat dan hampir pingsan karena Anemia? Atau sering merasakan gejala-gejala akibat peredaran darah tidak lancar? Tidak ada salahnya mencoba buah manggis ini. Buah ini sangat bagus untuk sel darah merah dan pencegahan anemia. Jika rutin dikonsumsi, tubuh insyaAllah akan terhindar dari kolesterol dan katarak.
4. Ramuan Kecantikan
Karena buah manggis memiliki zat anti bakteri alami dan juga zat anti mikroba, seringkali buah ini dipercaya untuk mengatasi permasalahan kulit. Selain itu, buah ini bisa mengatasi jerawat, menghilangkan noda di wajah dan juga membuat kulit berseri secara alami.

Beberapa manfaat diatas adalah alasan mengapa buah manggis menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Selain menjadikan kulit terlihat makin cantik, buah manggis juga ampuh mengatasi kanker. Tak lupa pula, buah manggis cocok untuk kesehatan ibu hamil.

No comments:

Post a Comment